Console Input Menggunakan Scanner Pada Java

Console input adalah cara program mendapatkan input langsung dari pengguna dengan menggunakan Command Prompt (istilah windows) atau Console (istilah Linux). Meskipun di pasaran bisa dibilang kita tidak pernah lagi ketemu dengan program yang melakukan input dengan menggunakan console (command prompt), namun untuk tujuan belajar dan testing aplikasi input melalui console masih banyak digunakan.
Semenjak versi 1.5, java memberikan cara input console yang lebih mudah (dibandingkan versi sebelumnya), yaitu dengan menggunakan class Scanner yang ada pada java.util.*;. Untuk dapat menggunakan class tersebut ada dua tahap yang perlu dilakukan, yaitu instantiasi object Scanner dan pemanggilan method input yang sesuai. 

Dalam postingan kali ini saya akan menunjukkan salah satu contoh sederhana dari penggunaan Console input Scanner pada java.

Untuk saat ini saya menggunakan NetBeans IDE 8.0.1, untuk yang belum memiliki softwarenya bisa mendownload langsung disini

Pertama jalankan softwarenya, Dihalaman pertama akan muncul tampilan seperti ini:


Lalu, buat Project baru, caranya anda bisa meng-klik menu bar File - New Project atau menekan tombol pada keyboard Ctrl+Shift+N atau bisa juga langsung meng-Klik icon yang sudah di lingkari diatas.

Setelah itu akan muncul tampilan seperti ini:


Untuk categories pilih Java dan untuk Projects pilih Java Application, lalu klik tombol Next.



Project Name => Nama dari project yang kita buat, jadi nanti project kita akan dikenal dengan nama tsb.
Project Location n Folder => Lokasi dimana kita ingin menyimpan project yang kita buat, secara default project yang kita buat akan tersimpan pada direktori C:\Documents and Settings\user\My Documents\NetBeansProjects, untuk menggantinya kita tinggal menklik tombol browse dan mencari di direktori mana kita ingin menyimpan project tsb. Sedangkan Project Folder menunjukkan nantinya project kita akan tersimpan dalam folder dan direktori apa. (sudah pasti bahwa foldernya akan memiliki nama sesuai dengan nama project kita...)
Create Main Class => adalah opsi untuk membuat kelas main (kelas utama) atau tidak. Kelas main diperlukan untuk dijadikan sebagai program utama yang pertama kali dijalankan oleh mesin Java. Tanpa kelas main, sebuah kelas tidak akan bisa dijalankan.
Use Dedicated Folder for Storing Libraries => yang berarti anda akan Sharing Project Libraries. Jika mencentang maka tentuka lokasi folder libraries. (Tapi, pada pembahasan kali ini kita tidak perlu mencentang optionnya).

Setelah itu klik Finish.

Maka akan muncul tampilan halaman seperti berikut :




Penjelasan singkat mengenai cara penggunaan console input Scanner ditunjukkan pada koding di bawah ini:
(Sintak ini tidak perlu anda ketikkan pada halaman program anda)
Penjelasan program:
  • import …: untuk mengimport library Scanner dari java.util.
  • Scanner input: deklarasi class Scanner ke dalam variabel input (tentu saja nama variabel boleh diubah yang lain).
  • new Scanner(System.in): instantiasi object Scanner dengan parameter System.in.
  • input.next …: memerintahkan program untuk menerima input dari console dan mengonversinya ke dalam tipe data yang sesuai. Jika yang diinginkan adalah String maka bisa menggunakan method nextLine(), jika ingin input integer dapat menggunakan nextInt(), jika ingin input data desimal dapat menggunakan nextDouble() dan seterusnya.


Oke, saatnya melihat aksi class Scanner dalam program input sederhana, Ketikkan sintak berikut pada halaman program anda:

Setelah itu anda dapat mengcompile program yang sudah anda ketikkan tersebut dengan cara meng-Klik Toolbar dengan icon Run Project (berbentuk simbol Play)berwarna hijau. Maka akan tampil hasil compile program anda seperti berikut :


Demikian tutorial singkat input console dengan menggunakan class Scanner pada Java. Semoga bermanfaat.

1 komentar: