Kali ini saya akan membagikan tutorial cara membuat user interface dari program menghitung kembalian di dalam java :
Buat Class JFrame Form:
Buat Class JFrame Form:
Maka akan muncul form kosong seperti di bawah:
Setting form seperti di bawah, tambahkan palette : Label, Text Field, Button:
Klik kanan pada Button Hitung Kembalian : pilih Events, Action, Klik actionPerformed
Ubah nama variable nya:
Masukkan sintak ini :
int hitung;
int harga = Integer.parseInt(txtharga.getText());
int bayar = Integer.parseInt(txtbayar.getText());
int seratusrb = 0, limapuluh = 0, duapuluh = 0, sepuluh = 0, limarb = 0, seribu = 0, limaratus = 0, seratus = 0;
hitung = bayar-harga;
cashback.setText(String.valueOf(hitung));
if(harga > bayar){
// System.out.println("Error");
}
else{
if (hitung >= 100000)
{
seratusrb = hitung / 100000;
hitung = hitung - (100000*seratusrb);
}
if (hitung >= 50000)
{
limapuluh = hitung / 50000;
hitung = hitung - (50000*limapuluh);
}
if (hitung>= 20000)
{
duapuluh = hitung / 20000;
hitung = hitung - (20000*duapuluh);
}
if (hitung >= 10000){
sepuluh = hitung / 10000;
hitung = hitung - (10000*sepuluh);
}
if (hitung >= 5000){
limarb = hitung / 5000;
hitung = hitung - (5000*limarb);
}
if (hitung >= 1000){
seribu = hitung / 1000;
hitung = hitung - (1000*seribu);
}
if (hitung >= 500){
limaratus = hitung / 500;
hitung = hitung - (500*limaratus);
}
if (hitung >= 100){
seratus = hitung / 100;
hitung = hitung- (100*seratus);
}
lbseratusrb.setText(String.valueOf(seratusrb));
lblimapuluh.setText(String.valueOf(limapuluh));
lbduapuluh.setText(String.valueOf(duapuluh));
lbsepuluh.setText(String.valueOf(sepuluh));
lblimarb.setText(String.valueOf(limarb));
lbseribu.setText(String.valueOf(seribu));
lblimaratus.setText(String.valueOf(limaratus));
lbseratus.setText(String.valueOf(seratus));
Tidak ada komentar:
Posting Komentar