OOP (Object Oriented Programming )





Seperti yang kita ketahui bahwa salah satu sifat yang dimiliki oleh java adalah OOP. Object Oriented Programming (OOP) adalah pemrograman yang berbasis pada Objek. Objek tidak hanya meliputi benda mati saja namun manusia, hewan, dan tumbuhan pun bisa kita sebut sebagai suatu objek. Setiap objek memiliki karakteristik dan perilaku masing-masing yang membedakan antara objek satu dengan objek lainnya.

Misalnya kita ambil contoh objek Segitiga, berikut ini adalah karakteristik dan perilaku yang dimiliki oleh objek tersebut.

Karakteristik :

- Bentuk Segitiga : Segitiga Sama Kaki
- Sifat : dua sisi sama panjang, dua sudut sama besar
- Alas
- Tinggi
- Sisi Miring

Perilaku : (Berisikan hal-hal yang bisa dilakukan oleh objek tersebut)

- Mencari Luas Segitiga

- Mencari Keliling Segitiga

- - - 0 - - -
Class : 
Class adalah program yang berfungsi untuk prototipe objek yang artinya tempat dimana kita membuat Objek tersebut. Kita tidak bisa menjalankan program Class karena didalam Class tidak ada fungsi main. Class memiliki beberapa anggota didalamnya untuk menunjang pembuatan suatu objek diantaranya adalah:
Property      : Tempat dimana kita mendeklarasikan tipe data dari karakteristik dari objek tersebut.         Constructor : Tempat dimana kita memberikan nilai/data default untuk setiap karakteristik dari objek     (Komponen-komponennya harus sama dengan property).



Method : Tempat dimana kita meletakkan perilaku-perilaku dari objek tersebut. Method biasa juga disebut sebagai fungsi dalam java. Perhatikan contoh program berikut.






Instansiasi Class :
Instansiasi Class adalah program utama dari Class yang tadi kita buat yang berfungsi untuk menampilkan construktor dan menjalankan fungsi-fungsi yang ada didalamnya (Bangun_datar.java). Instansiasi Class harus memiliki point-point penting untuk memanggil isi dari program diatas (b_datar_proses.java), yaitu :
Instansiasi : Yaitu tempat dimana kita membuat objek baru yang memiliki stuktur dan tipe data yang       sama dengan objek asalnya. Perhatikan penulisan code programnya. 

          //instansiasi
          b_datar_proses s = new b_datar_proses();

Memberi nilai baru pada Properti : Untuk membuat objek baru, kita harus memasukan data yang baru. Jika salah satu komponen tidak diisikan maka pada saat proses penampilan maka program akan menampilkan nilai default pada construktor. 

Memanggil Properti : Menampilkan isi dari properti yang baru kita buat.

        //properti            
        s.pilihan

Memanggil Method : Memanggil Method atau fungsi yang tadi kita buat di (b_datar_proses.java).

       //method
       s.luas();

Jadi secara keseluruhan isi dari code program Bangun_datar.java adalah:




Tidak ada komentar:

Posting Komentar